Kamis, 23 Februari 2012

Manfaat Jambu Air

Manfaat Jambu Air



Siapa sih yang tidak tahu dengan buah yang satu ini? Bagi sebagian orang pasti sudah pernah memakan buah ini. Tapi apakah kita tahu manfaat buah ini?

Buah ini merupakan buah asli dari Asia terutama Malaya dan memiliki berbagai jenis macam. Jambu air ini memiliki banyak warna mulai yang berwarna putih, hijau, merah muda, dan merah tua jadi jangan kaget yah.

Sebenarnya apa sih manfaat dari jambu air ini?
Pertama, aku ingin mengulas tentang kandungan gizi yang terdapat dalam buah tersebut yaitu protein, zat besi, kalsium, fosfor, asam sitrat dan asam sulfurik. Baik sekarang kita ulas lebih dalam manfaatnya.
Di Taiwan, bunga buah ini sering digunakan untuk mengobati demam dan diare. Ingat ya bunganya! Pernah ada riset tentang kandungan yang terdapat dalam bunganya adalah tanin, kandungan ini sangat banyak dan yang paling utama di bunganya.
Tidak hanya itu juga terdapat fitokimia berupa asam oleanik, bsitosterol, dan desmethoxymatteucinol. Semua zat ini ternyata bersifat antibiotik lho!

Mereka dapat melawan jamur sebagai penyebab penyakit, di antaranya Staphylococcus aureus, Mycobacterium smegmatis, dan Candida albicans. Oh ya, tidak hanya bunganya saja yang bermanfaat lho, ranting pohonnya pun juga dapat digunakan caranya seduh dengan air panas ranting pohon tersebut kemudian dibuat kumur.

Khasiatnya? Tentu saja untuk meredakan sariawan.
Bagaimana? Semoga semakin tambah senang makan jambu air ini. Dan semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar